Minggu, 07 Oktober 2012

Senam Pernafasan

Nafas adalah kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup bahkan oleh bayi yang masih dalam kandungan ibunya sekalipun. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna ciptaan Allah SWT, memiliki alat pernafasan yang vital untuk kelangsungan hidupnya. Manusia dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum dalam waktu relatif panjang, bisa beberapa hari atau minggu, namun manusia banyak yang tak sanggup bertahan beberapa saat saja tanpa menghirup udara atau tanpa bernafas.
Nafas adalah hidup. Segala sesuatu kehidupan di dunia ini tergantung dari nafas, itu suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Lamanya rangkaian nafas yang dapat dipertahankan itulah yang dapat menentukan panjang pendeknya kehidupan.

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa kebutuhan manusia yang lain seperti makan, minum dan sebagainya masih dapat ditunda atau ditangguhkan beberapa hari lamanya, tetapi berhenti pernafasan selama beberapa menit sudah dapat membawa akibat kematian bagi manusia. Dengan demikian kita dapat mengetahui betapa pentingnya arti pernafasan itu, dan merupakan suatu hal yang tidak ditawar lagi.

Udara yang mengandung oksigen maupun nitrogen, dan sebagainya yang dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, yang merupakan Karunia Tuhan Yang Maha Pemurah, yang kita hirup sepanjang hidup kita tanpa harus membeli dan membayar satu sen pun, namun kebanyakan dari kita sering kali bersikap tidak peduli, melupakan dan tanpa ada rasa syukur dan nikmat yang tidak terhingga yang diberikan oleh Allah SWT tersebut, sehingga kita bersikap sepi saja terhadap arti pernafasan.

Di dalam tubuh manusia terdapat suatu tempat atau wadah yang dapat dinamakan sebagai samudra energi atau Sumber Dari Sumber Kekuatan yang merupakan tempat bersemayamnya daya kekuatan inti dan apabila dilatih dengan cara yang benar akan dapat didayagunakan sesuai keinginan kita. Hal ini tidak mungkin dicapai atau didayagunakan dengan sekedar mengandalkan pernafasan luar, yang biasa dilakukan oleh manusia biasa pada umumnya, tenaga mereka habis musnah dan otot-otot tubuh mereka tidak mengandung daya kekuatan, sehingga nafas memburu terengah-engah apabila mereka bergerak atau berlari dalam jangka waktu yang pendek saja.

Hanya orang yang mengerti sajalah yang dapat mengatur pernafasannya dan menyimpan kekuatan inti mereka dengan tidak memboroskannya dengan mempergunakan sebagaimana yang dipergunakan. Orang yang mengetahui betapa pentingnya arti pernafasan, akan berpendapat bahwasanya suatu kehidupan apabila ditopang dengan cara bernafas yang baik dan benar akan dapat menyebabkan penyakit menjadi suatu hal yang langka dan kemampuannya pun akan menjadi luar biasa.

CARA SENAM PERNAFASAN

Senam pernafasan di sini adalah pernafasan paru-paru dengan pergerakan perut atau abdomen dengan siklus segitiga sama kaki.
  • Cara penarikan dan cara pengeluarannya adalah dengan mempergunakan hidung [nafas alami] dan lamanya antara tarik dan keluar harus sama yaitu selama 15x dzikir
  • Disamping itu ada proses tekan nafas selama 33x dzikir yang dikakukan di bawah diafragma yang dapat divisualisasikan letaknya yaitu 3 jari di bawah pusar.
  • Untuk kesempurnaan pada waktu tekan nafas, harus ada kerutan pada anus. Hal ini bertujuan untuk pengobatan sakit wasir / ambeien bagi penderita wasir, dan pencegahan bagi yang bukan penderita. Pernafasan paru-paru dengan pergerakan perut ini adalah pernafasan alami seperti halnya kalau kita sedang dalam keadaan santai atau tidur.
Dengan teknik nafas ini akan:
  • Memperkuat tenaga cadangan pernafasan kita
  • Melatih otot-otot sekat rongga dada [diafragma]
  • Melatih otot-otot dan dasar panggul

MANFAAT KESEHATAN

1. HAEMOGLOBIN MENINGKAT

Pada riadah pernafasan ini selama tidak bernafas, tubuh sangat membutuhkan oksigen. Dengan terbatasnya jumlah oksigen tersebut tubuh segera melakukan penyesuaian dengan cara memperbanyak butir-butir darah merah (haemoglobin) seperti kita ketahui haemoglobin adalah zat pengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

2. MENGURANGI TERJADINYA RADIKAL BEBAS

Dengan mengefisienkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, berarti kita mengurangi masuknya zat perusak tubuh, seperti kita ketahui oksigen dapat menyebabkan terjadinya super oksida, radikal hydroksil di dalam tubuh. Proses radikal bebas adalah proses terjadinya perusakan sel-sel baru yang seharusnya menggantikan semua sel-sel rusak yang terjadi pada tubuh kita, tetapi karena ulah oksigen perusak alias teroris kimia tersebut akhirnya sel-sel pengganti yang seharusnya mengganti sel-sel yang rusak tersebut jumlahnya berkurang. Sehingga akhirnya tidak semua sel rusak dapat diperbaharui. Proses ini dapat dilihat pada permukaan kulit tubuh, dimana makin lama kulit semakin keriput.
Dengan mengurangi jumlah oksigen yang masuk dengan cara meningkatkan efisiensinya berarti tubuh mengurangi masuknya unsur perusak. Dengan mengolah nafas secara teratur, wajah kita akan tampak ranum dan selalu segar.

3. ABDOMINAL MASSAGE

Abdominal massage terjadi pada saat kita melakukan penarikan, penekanan, dan pelepasan nafas secara bergantian. Pada saat tarik nafas, diafragma akan menekan rongga perut ke bawah dan bersamaan dengan kontraksi pengerutan anus selama tekan nafas akan menyebabkan kompresi rongga perut. Pada saat pelepasan mafas, rongga perut relaks. Keadaan ini secara bergantian akan menyebabkan massage daerah perut dimana saraf maupun peredaran darah organ-organ di daerah perut menjadi lebih baik.

4. AKTIFASI SARAF PARASYMPATIS

Dengan melakukan teknik pernafasan akan terjadi dominasi sistem saraf parasympatic, saraf otonom yang mengatur aktifitas tubuh yang diluar kehendak, dimana akan mempengaruhi sistem pernafasan, sistem peredaran darah maupun terhadap efek metabolisme. Detak jantung akan menjadi lebih pelan, pembuluh darah melebar, sehingga menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Manfaat lain, hormon acetyl choline akan meningkatkan produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula darah, baik untuk penderita diabetes. Hormon acetyl choline adalah neurotransmitter penghantar impuls saraf. Sedangkan insulin adalah hormon yang mengubah gula darah menjadi gula otot untuk beraktifitas.

2 komentar:

 

Komentar Terbaru

Postingan Terbaru

Welcome

Selamat datang di blog info dunia herba disini anda akan mendapatkan informasi mengenai dunia herba terkini, selamat menikmati..